Khas Jangari Cianjur

Khas Waduk Jangari Cianjur

Jangari atau Wana Wisata Cirata Jangari adalah salah satu objek wisata yang berlokasi di Kabupaten Cianjur. Terletak di wilayah Desa Bobojong, Kecamatan Mande atau berjarak kurang lebih sekitar 25km dari pusat perkotaan Kabupaten Cianjur, Jangari merupakan sebagian kecil wilayah dari Waduk Cirata yang dibangun pada tahun 1983 hingga 1988.

Pemerintah dan masyarakat Cianjur memanfaatkan waduk ini sebagai wahana rekreasi yang tergolong murah. Banyak warga Cianjur mengajak serta keluarganya untuk berwisata ke lokasi tersebut. Pada umumnya masyarakat Cianjur menjadikan area sekitar lokasi sebagai tempat makan bersama keluarga di alasi oleh tikar dengan makanan yang telah dibawa atau dipersiapkan dari rumah, maupun di rumah makan yang terdapat di sekitar area wisata tersebut. Selain melihat hamparan perairan yang luas, juga banyak tersedia perahu berbayar yang bisa membawa kita berkeliling di wilayah perairan waduk tersebut.

Selain berwisata bersama keluarga, tidak sedikit kalangan lelaki dewasa menjadikan lokasi tersebut sebagai sarana hobinya, yakni memancing. Setiap hari dapat dijumpai para pemancing, baik pagi, siang maupun malam. Pemancing tersebut tidak hanya masyarakat sekitar, tidak sedikit dari mereka datang dari segala penjuru Cianjur dan tidak jarang pula diantara mereka dengan sengaja datang dari luar kota Cianjur. Istilah Ngamaleum merupakan istilah bagi para pemancing untuk memancing pada malam hari atau melakukan aktivitas memancing dari mulai matahari tenggelam hingga matahari terbit, atau kurang bahkan lebih dari waktu tersebut.

Pemanfaatan waduk Jangari tidak hanya sebatas pada sektor pariwisata saja. Bila kalian mengunjungi lokasi tersebut, maka disekitar area perairan waduk tersebut telah banyak dipenuhi oleh bangunan-bangunan apung beserta kerambanya. Bangunan-bangunan tersebut merupakan tempat pembesaran ikan yang dilakukan oleh para peternak atau pelaku usaha perikanan. Saking banyaknya tempat-tempat pembesaran ikan tersebut yang pada umumnya membesarkan ikan mas dan ikan patin, jumlah total yang dihasilkan oleh keseluruhan tempat pembesaran ikan yang ada di Jangari tersebut tergolong cukup tinggi. Oleh sebab itu Ikan Jangari "sebutan bagi ikan yang dibesarkan dikeramba Jangari" sangat dikenal hingga ke luar kota, karena produksi ikan jangari dapat menjangkau luas pasar luar kota.

0 komentar