20 Lokasi Wisata Favorit Di Kabupaten Cianjur

20 Lokasi Wisata Favorit Di Kabupaten Cianjur

Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, dan Samudra Hindia ini memiliki beberapa tempat yang layak di jadikan sebagai tempat berlibur atau wisata, Antara lain:

1. Alun-alun Suryakencana
Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana adalah hamparan lahan yang berada di ketinggian Gunung Gede. Objek wisata ini masih berada dalam lingkungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Memiliki lahan seluas 50 hektar pada di ketinggian 2.750 m di atas permukaan laut, biasanya Alun-alun Suryakencana dijadikan sebagai aktifitas pendakian dan perkemahan. Ditempat ini anda akan menemukan banyak bunga Edelweiss, namun jika Anda hendak ke tempat ini sebaiknya membawa perlengkapan yang memadai karena suhu di tempat ini akan membuat Anda kedinginan. Pada siang hari suhu "normal" berkisar 18 °C dan pada malam hari suhu berkisar 5 °C. Pendakian untuk mencapai tempat tersebut bisa memakan waktu 4 hingga 7 jam.

2. Curug "air terjun" Cibeureum
Curug "air terjun" Cibeureum

Curug atau air terjun Cibeureum adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Cimacan, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Seperti halnya Alun-alun Suryakencana, objek wisata yang berada pada ketinggian 1.675 m dari permukaan laut ini masih berada dalam lingkungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terdapat juga 2 Curug "air terjun" lainnya di sekitar Curug Cibeureum. Anda perlu mendaki sekitar 2,7 km untuk mencapai objek wisata tersebut, kurang lebih akan memakan waktu hingga satu jam.

3. Curug "air terjun" Ciismun
Curug "air terjun" Ciismun

Curug atau air terjun Ciismun adalah sebuah objek wisata alam yang berada di kawasan Kebun raya Cibodas, Cipanas. Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas dan berada di ketinggian 1.275 m dari permukaan laut. Air terjun yang memiliki ketinggian air terjun sekitar 30 metar ini banyak dikunjungi wisatawan lokal yang hanya memiliki sedikit waktu untuk berekreasi, meskipun tidak ada pendakian, namun anda tetap harus berjalan kaki sekitar 2 km untuk mencapai tempat ini.

4. Curug "air terjun" Citambur
Curug "air terjun" Citambur

Curug atau air terjun Citambur adalah sebuah curug yang berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Ketinggian dari curug ini berkisar 130 meter, sementara lokasi berada pada ketinggian sekitar 1.400 m di atas permukaan laut. Curug ini memiliki histori sejarah yang sangat kuat, sehingga banyak cerita-cerita yang di percaya masyarakat sekitar yang berhubungan dengan Curug Citambur ini. Panorama alam yang luar biasa di objek wisata tersebut harus Anda bayar dengan perjalanan yang melelahkan.

5. Danau Leuwi Soro
Danau Leuwi Soro

Danau Leuwi Soro adalah sebuah danau kecil atau leuwi yang berada di selatan Kabupaten Cianjur. Dari pusat kota Cianjur menuju ke lokasi wisata ini berjarak sekitar 65 km. Memiliki jarak yang begitu jauh dari pusat kota, objek wisata yang berada di Kecamatan Pagelaran ini akan memberikan suasana tersendiri bagi Anda yang telah merasa sumpek atau jenuh dengan aktifitas Perkotaan.

6. Gunung Gede
Gunung Gede Jawa Barat

Gunung Gede adalah sebuah gunung yang berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Memiliki ketinggian sekitar 2.000 - 3.000 m diatas permukaan laut, gunung ini berada di wilayah tiga Kabupaten yaitu, Kabupaten Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Gunung yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977 ini kaya akan berbagai jenis burung, tercatat dihuni oleh 251 jenis dari 450 jenis burung yang terdapat di Pulau Jawa. Selain menyimpan banyak cerita sejarah dan mistis, Gunung Gede memiliki banyak tempat yang menjadi objek wisata pavorit.

7. Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang

Gunung Padang adalah sebuah situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum yang memiliki luas sekitar 3 ha. Para peneliti baik dalam negeri maupun luar negeri menemukan bahwa Gunung yang berbentuk piramida ini telah berusia sekitar 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi, lebih tua dari piramida Giza di Mesir, yang hanya berusia 2.500 sebelum Masehi. Namun masih banyak teka-teki dan misteri yang masih belum terjawab seputar piramida yang sering menjadi pusat bunyi-bunyian misterius dikala malam hari ini. Anda akan merasa takjub setelah melihat apa yang ada di objek wisata yang terletak di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur tersebut.

8. Gunung Pangrango
Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Gunung yang tepat bersebelahan dengan Gunung Gede ini memiliki ketinggian sekitar 3.000 m diatas permukaan laut dan sama halnya dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango masih berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango. Puncak dari Gunung Pangrango dinamakan Puncak Mandalawangi, dimana puncak tersebut merupakan pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

9. Gunung Kasur
Situs Megalitikum Gunung Kasur

Gunung Kasur adalah sebuah objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur yang memiliki ketinggian sekitar 1000 m diatas permukaan laut. Seperti halnya Gunung Padang situs Megalitikum ini menyerupai bentuk piramida. Pada ketinggian gunung tersebut Anda akan merasakan sensasi pemandangan alam yang sangat luar biasa. Hamparan alam dan udaranya menjadikan tempat ini sebagai objek wisata alam yang patut Anda kunjungi.

10. Istana Presiden Cipanas
Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas adalah sebuah istana Kepresidenan yang terletak dikaki Gunung Gede Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Pada awalnya Istana tersebut merupakan milik dari seorang tuan tanah Belanda yang dibangun pada tahun 1740. Namun sejak masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff, bangunan ini dijadikan sebagai tempat peristirahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Setelah Kemerdekaan gedung ini ditetapkan sebagai Istana Kepresidenan dan digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi Presiden atau Wakil Presiden beserta keluarga.

11. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah objek wisata yang didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Kebun Raya Cibodas berada pada ketinggian 1.275 m diatas permukaan laut dan bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Kebun Raya Cibodas banyak dijadikan tujuan utama rekreasi keluarga di wilayah Gunung Gede Pangrango. Mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektare adalah alasan berekresai ke tempat ini bersama keluarga.

12. Kebun Teh Gedeh
Kebun Teh Gedeh

Kebun Teh Gedeh adalah sebuah perkebunan teh yang berada di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Hamparan alam yang memberikan pemandangan indah dan menyegarkan mata ini memiliki luas sekitar 1000 hektare dan berada pada ketinggian 900 - 1700 m diatas permukaan laut. Perkebunan teh ini telah ada sebelum tahun 1900-an dan merupakan perkebunan teh tertua di Pulau Jawa.

13. Kebun Teh Panyairan
Kebun Teh Panyairan

Kebun Teh Panyairan adalah kawasan perkebunan teh yang berada di 2 wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Cempaka dan Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Diresmikan oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 1 Januari 1978 sebagai proyek perluasan kebun teh Pasir Nangka, kebun teh ini terdiri atas empat afdeling, yakni Afdeling Panyairan I seluas 313.00 ha dan Panyairan II seluas 278,23 ha terletak di Kecamatan Campaka , sedangkan dua Afdeling lainnya , Panyairan III seluas 205,06 ha dan Panyairan IV seluas 246,80 ha terletak di Kecamatan Sukanagara yang berjarak 12 km dari lokasi pabrik. Kini Kebun Teh Panyairan banyak dikunjungi orang dalam maupun luar kota sebagai objek wisata alam.

14. Kota Bunga
Kota Bunga

Kota Bunga adalah suatu kawasan Villa Estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Hektare, Hingga saat ini jumlah Villa yang dibangun telah mencapai sekitar 2500 rumah. Kota Bunga berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 700 m diatas permukaan laut. Berada di suatu lembah di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Terdapat Little Venice bernuansa Eropa, dan fasilitas lainnya yang dapat memberikan sensasi berbeda kepada Anda.

15. Pantai Apra
Pantai Apra

Pantai Apra adalah sebuah lokasi wisata laut yang terletak di Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur. Pantai Apra memiliki ombak yang lumayan besar dengan hembusan angin yang terasa kencang. Suasana alami sangat terasa disini karena selain faktor lokasi, pengunjung di pantai ini pun tidak sebanyak pantai lainnya, hanya pada momen-momen tertentu saja pantai ini dibanjiri para pengunjung.

16. Pantai Jayanti
Pantai Jayanti

Pantai Jayanti adalah sebuah pantai yang berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai Jayanti menawarkan Anda suasana pantai yang sesungguhnya karena tidak ada bentrokan antara suara dan pemandangan alam dengan suara bising dan gerumulan pengunjung lainnya. Disini tidak seperti pantai "beken" lainnya, karena lokasi atau belum banyak dikenal maka pengunjung pantai ini pun minim, sehingga kita bisa merasakan kesederhanaan dan sensasi lautan yang sebenarnya.

17. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah lokasi wisata yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995 atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992 untuk area agrowisata. Objek wisata yang terletak di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur ini menawarkan beberapa konsep wisata yang berkaitan dengan bunga yang tentunya tidak akan membuat anda bosan saat berada di kawasan tersebut.

Selanjutnya >

0 komentar